Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Depok

Standard

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana membuat paspor khusunya di kantor imigrasi Depok. Sebenarnya untuk membuat paspor tidak harus di wilayah tempat kita tinggal, tetapi bisa di mana saja di seluruh Indonesia karena semua kantor imigrasi sudah online dengan kantor pusat. Membuat paspor itu sebenarnya mudah. Hanya saja butuh banyak kesabaran :mrgreen: Karena membuat paspor yg sesuai dengan prosedur berarti kita harus mengikuti semua prosesnya mulai dari membeli formulir, cek berkas, bayar paspor, foto biometrik, sidik jari, wawancara, sampai akhirnya paspor kita selesai dan bisa diambil. Semuanya butuh waktu sekitar 7-10 hari. Kemungkinan tergantung jumlah pemohon yg ingin membuat paspor. Awalnya saya pikir kantor imigrasi Depok kelas 2 ini tidak begitu ramai tapi ternyata waktu saya tiba di kantor imigrasi ini pukul 8 kurang, kantor ini sudah penuh sesak. Padahal menurut jadwal yg terpampang jam buka kantor ini pukul 08.00. Rupanya banyak calon pembuat paspor yg sudah banyak mengantri sejak pukul 06.30. Pantas saja ketika kantor ini buka, dalamnya langsung penuh sesak. Petugas baru mulai melayani para pemohon sekitar pukul 08.30.
Untuk membuat paspor kita harus mempersiapkan persyaratannya, diantaranya:
• KTP (asli & fotocopy)
• Kartu Keluarga (asli & fotocopy)
• Akta Kelahiran atau Ijazah Terakhir (asli & fotocopy)
• Surat Nikah (asli & fotocopy) bagi yg sudah menikah
• Surat Rekomendasi dari Perusahaan bagi karyawan swasta, PNS/ABRI.
Oya, pastikan nama kita di KTP sama persis dengan KK , Akta Kelahiran/Ijazah. Begitupula dengan pekerjaan dan status perkawinan. Karena jika tidak, maka kita akan diminta membuat surat keterangan dari kelurahan. Nah, ini dia yg membuat sedikit rumit. Karena biasanya untuk membuat surat keterangan ini kita terlebih dahulu harus minta surat pengantar dari RT, RW, baru bisa membuat surat ini di kelurahan. Kemarin saya juga membuat surat ini hanya gara-gara nama saya disingkat di KTP. Tapi alhamdulillah petugas kelurahan yg saya temui tidak mempersulit dengan meminta surat pengantar dari RT/RW, sehingga surat keterangan saya jadi dalam waktu kurang lebih 1 jam.
Hari Pertama
Ketika tiba di kantor imigrasi, ruang yg pertama yg harus kita tuju adalah koperasi. Disitu kita akan membeli map dan formulir bermaterai 6000 seharga Rp. 12.000,- . Sebenarnya untuk materai bisa juga kita sediakan dari rumah, jadi tidak harus membeli di koperasi. Dan jangan lupa membawa pulpen bertinta hitam karena kita akan diminta mengisi formulir tersebut dengan tinta hitam.
Setelah itu, saya sarankan langsung masukkan semua fotocopy surat-surat yg diperlukan ke dalam map. Lalu bersegera untuk meletakkan map tersebut di meja pemeriksaan berkas. Nah, sembari menunggu nama kita dipanggil kita bisa mengisi formulir dan surat pernyataan yg baru kita beli tersebut. Dan serahkan ketika nanti nama kita dipanggil. Itu salah satu tips dari saya. Karena berdasar pengalaman saya, gara-gara mengisi formulir terlebih dahulu, saya jadi mendapat nomor antrian 83 dari total antrian sebanyak 100. Dan itu artinya nama saya akan dipanggil kembali di loket berikutnya pada jam 3 sore. Padahal saya sudah selesai cek berkas pertama sejak jam 10 pagi. Bayangkan, saya harus menunggu sekitar 5 jam?! Oya, antrian menuju loket pemeriksaan berkas ini hanya dibatasi untuk 100 orang. Jadi, jika no.antrian sudah 100 maka kita akan diminta datang keesokan harinya lagi untuk mendapat no.antrian di loket cek berkas ke-2.
Lolos dari meja pemeriksaan berkas pertama, kita akan mendapat nomor antrian untuk kembali mengantri di loket pemeriksaan berkas berikutnya. Di sini berkas yg kita bawa akan benar-benar dicek secara detail. Petugas akan memastikan bahwa fotocopy persyaratan yg kita bawa itu sesuai dengan aslinya. Setelah selesai kita akan mendapat tanda bukti yg tertera tanggal kapan kita harus kembali ke kantor imigrasi untuk membayar biaya paspor sebesar Rp.255.000, foto, sidik jari, dan wawancara.
Tips!
Pastikan anda datang pagi-pagi ke kantor imigrasi, upayakan sekitar pukul 06.30 sudah di tempat. Karena ternyata meskipun petugas imigrasi belum datang, kantor imigrasi sudah dibuka sekitar jam tersebut. Jika belum membeli formulir berarti menunggu koperasi buka dengan antri di depan koperasi. Jika sudah membeli formulir di hari sebelumnya, pastikan kita langsung meletakan map berisi fotocopy persyaratan di meja cek berkas. Oya, jika formulir belum diisi jangan menunggu mengisi formulir terlebih dahulu baru meletakkan map. Formulir bisa diisi sembari menunggu petugas datang dan kemudian diserahkan pada saat nama anda yg tertera pada map dipanggil. Lebih cepat datang berarti lebih cepat pulang.
Hari Kedua
Hari kedua saya jg hadir sekitar pukul 8 kurang, dan saya pun langsung menuju meja untuk mendapat no.antrian. Dan saya mendapatkan no.47 . Saat itu saya belum tahu kalau kantor imigrasi sudah dibuka pagi-pagi sekali sebelum petugas – petugas imigrasi datang. Jadi, saya hadir sesuai jadwal buka yaitu jam 08.00, eh..ternyata no.antriannya sudah sebanyak itu. Dan saya pun harus menunggu sekitar 5 jam lagi untuk dipanggil yaitu sekitar pukul 13.30.
Pertama, no.antrian kita akan dipanggil untuk menuju loket 5 yang artinya kita harus membayar biaya paspor. Kemudian duduk kembali dan menunggu dipanggil untuk menuju loket 7. Di sinilah kita akan menjalankan serangkaian proses, mulai dari foto, sidik jari dan wawancara. Pertanyaan yg diajukan saat wawancara hanya seputar nama, tanggal lahir, alamat, dan tujuan membuat paspor. Hanya itu saja.. Oya, pastikan semua informasi yg anda berikan sudah benar. Jangan sampai ada kesalahan satu huruf pun. Terutama pada nama lengkap.

Tips!
Jangan lupa datang pagi-pagi lagi ya.. memakai pakaian yg rapi dan polos, jangan bermotif-motif. Itu kata petugas imigrasinya.. Jangan lupa juga bawa uang untuk membayar biaya paspor. Bersikaplah ramah dan sopan kepada petugas biar ga ditanya macam-macam hehe..
Hari Ketiga
Hari ketiga ini adalah saat mengambil paspor. Pada hari ketiga ini kita diminta untuk datang sekitar pukul 13.00-15.00. Karena tinggal ambil saja, jadi prosesnya lebih cepat. Kita hanya meletakkan tanda bukti yg kita dapat dari loket 7 di loket pengambilan paspor, tunggu sampai nama kita dipanggil. Setelah itu petugas akan menyerahkan paspor bersampul hijau tersebut. Kemudian kita diminta menfotocopy-nya dan menyerahkan fotocopy-an tsb ke loket yg sama. Selesai.

—> Alamat Kantor Imigrasi Kelas II Depok. Komp PRKT Pemda , Jl.Boulevard Raya, Grand Depok City (Satu Blok dengan kantor DPRD dll). Telp: (021) 77820520   

About these ads

140 responses »

    • Lokasinya di Grand Depok City.. di kompleks perkantoran Pemda.. klo dr terminal bs naik yg ke arah citayam.. nnti posisi Grand depok city dsebelah kiri jln. Lalu msk jauh ke dalam smpai lihat kantor pemadam kebakaran d sblah kanan, dr situ msk ke dlm, posisi kantor imigrasi di paling pojok sbelah kiri. sy kurng tau apa ada angkot yg msk ksana atw tdk. tapi saran saya sbaiknya naik kndaraan pribadi agar tdk repot :mrgreen:

      • asslm mbak. Makasih infonya, mau nanya kl sebelumnya udh bikin prapermohonan online ttp kayak gini nggak ya prosesnya? Ohiya kl di bukti prapermohonan saya, alamat kt imigrasi depok kok jl margonga no 46 ya? Ditunggu infonya trims :)

      • kantornya udh pindah mbak bkn dstu, ada alamatnya d artikel sy. Setau sy spertinya utk prmohonan online blm bisa dilayani di kantor depok jd tetep mesti melalui proses yg sama. Tp sbaiknya nnti tanya2 lg aja ya sama ptugas imigrasinya utk memastikan, siapa tahu sudah ada prubahan ttg pndftaran via ol.

      • Masih rancu nich jeung, persyaratan KTP , KK ,akte/ijasah/buku nikah, akte dan ijasah sy entah kemana:( apa bisa diganti dengan buku nikah? Lalu dalam hal wawancara itu berapa lama ya? Tq

      • skitar 4-7 hari ,, wktu itu sy proses foto dll. hari senin dan paspor bru bisa di ambil hr jumatnya (4 hari kmudian).. tp ada jg yg krna ketabrak wiken dan tgl merah jd bru bsa diambil skitar sminggu kemudian.

    • dari terminal depok naik angkot D05 arah citayam, turun di kota kembang. masuk ke kota kembang (grand depok city). kalo masuk ke grand depok city nya agak susah, soalnya angkotnya jarang bgt lewat

    • bisa mba Lucia.. asalkan pihak yg mewakilkan namanya tercantum di kartu keluarga..kalau tidak tercantum spertinya hrs pakai surat kuasa.

    • @fawzia boleh.. skrg bikin paspor bsa dmn saja, tdk hrs sesuai ktp

      @ifa iya taro di map gpp.. klo dpt antrian bsk, mapnya dbwa pulang dlu

  1. permisi mau tnya, kalau kita ambil paspor tdk sesuai dg tgl yg tertera di kertas (dtg minggu dpnnya misal) itu bs tidak y? krn sy telp kantornya tdk diangkat

  2. Oh iya, di tulisan anda mengatakan Akta Kelahiran atau Ijazah Terakhir (asli & fotocopy). Kebetulan akta kelahiran saya yang asli hilang. Berarti hanya menggunakan ijazah boleh tidak ya kira-kira? :)

  3. mau tanya dong. kebetulan nama saya di KTP dan KK beda dengan di akte kelahiran, nah itu minta suratnya ke RT dan RW atau RT/RW? trus minta surat pengantarnya ada format surat tertentu ga?
    mau tanya lagi, kebetulan di KK dan KTP saya itu alamat rumah yg lama, apa butuh surat pengantar juga kalo udah pindah rumah?
    terima kasih.

    • biasanya dr kelurahan minta surat pengantar dr RT kemudian mnt cap jg di RW. tidak ada format tertentu. minta suratnya dibuat skalian aja, jd didalamnya menyatakan perubahan nama dan alamat..

  4. mo tanya dong, itu biaya total nya dari tahap pertama sampe passpornya jadi berapa yaa?
    tanya lagi dong bikin passpor itu biayanya masing2 negara beda apa ga yaa?
    oia 1 lagi saya kan rencana nya mauke korea selatan, apa cukup cuma pake passpor aja atau harus ada visa juga??
    udah gtu ja.
    maaf sbelumnya klo saya banyak tanya, abis ini baru pertama kali.
    hehehe..
    thnks.

    • kan udh ada di artikel pak.. 255rb+12rb .. stiap ngara kmngkinan beda tgntung kebijakan negara msng2. ke korea, setau sy pake visa jg.

      • Maaf bayar 225 rb + 12 rb itu pada hari pertama atau Keduanya? Trus kalo bawa materai 2 Buah gak perlu bayar 12 rb ya? Makasih sebelumnya

  5. dari hari pertama mengumpulkan berkas berapa lama kemudian mba dipanggil untuk hari kedua foto dan wawancara? apakah yang hari pertama bisa diwakilkan?

  6. 1. Kalo minta pake jasa calo buar paspor jadi dalam 1-2 hari bisa gak ya?
    2. Kalo bisa, enaknya nawar berapa?
    Huhu butuh cepet soalnya

  7. Selamat siang mbak…
    Boleh tanya kalau format fotokopi KTP-nya seperti apa ya?
    Saya tanya kantor imigrasinya malah suruh fotokopi di sana =.=
    Boleh minta penampakannya?

    • yang penting di foto kopi bolak-balik di kertas A4/kwarto tapi jangan digunting ya.. biarkan saja seukuran kertas A4/kwarto itu ..

      • Emang kalau digunting apa tidak boleh? Soalnya mesin fotocopy untuk KTP di kantor saya, sekali fotocopy jadi 9 copy bolak-balik Pada 1 lembar kertas A4, jadi kalo gak digunting jadi banyak copy. Ada alasan khusus Harus ukuran A4/kwarto gak?

      • memang dr kntor imigrasinya mbak, msti A4 utuh jgn dgunting nti dsuruh kopi ulang. klo ga bs,ftcopy ktp dluar aja mbak hhe..

    • Mau tanya ya, setelah berkas diserahkan dan dapat surat tanda terima,kalo kita datangnya pada hari yg berbeda dg jadual di tanda terimanya (mis:sehari setelah jadualnya) untuk sesi wawancara dan foto boleh gak ya? Soalnya sy talipun kantornya gak diangkat. Hatur nuhun.

      • sy kurg tau pak maaf.. tp mngkin klo memang trpaksa ga bisa spertinya tidak apa2 dtng d hari brikutnya.. krn qt tetep ambil no.antrian jg..

  8. Mas, untuk syarat ketiga bisa akte kelahiran atau ijazah terakhir ya? Berarti bisa digunakan salah satu nya saja?

  9. maaf kakak, akte kelahiran yang asli tidak ada hanya ada hard copy nya saja tetapi berkas yang lain sudah tersedia. apakah nantinya disana akan dipersulit ? hari senin besok rencananya saya akan kesana.

  10. wah sharing yang informatif dan masih fresh , kebetulan rencana baru mau bikin passport , btw tulisan backpacker nya asik banget , terima kasih.

      • maaf yah mba saya mau tanya,,saya kan gak punya surat nikah dari KUA saya cuman punya selembaran surat nikah siri dari rt kira2 bisa gak ya mba…

      • kurg tau jg mba,, tp spertinya bagi yg sdh menikahdi hrskan melampirkan surat nikah dr KUA. Atau utk lebih jls bisa lngsung ditanyakan ke kantor imigrasinya lngsung mba. maaf ya..

  11. maaf kaka mw tanya
    saya mw pindah paspor
    awalnya saya mw punya paspor tanggerang tp inggin pindah ke depok
    gmna ya caranya
    apa bisa d wakilkan dengan orang lain
    mhon penjelasannya

    • saran sy sih klo paspor tng msh brlaku, pakai itu saja dlu. krn klo mau gnti paspor prosedurnya hampir sama dg membuat paspor baru, bedanya hanya mencantumkan paspor lama. bsa diwakilkan keluarga yg namanya tercantum di KK yg sama. tapi utk prosedur tahap ke-2 tdk bsa diwakilkan krn hrs pengambilan foto dan sidik jari. tq

  12. Your comment is awaiting moderation.
    June 5, 2012 at 6:13 pm
    maaf kaka mw tanya
    saya mw pindah paspor
    awalnya saya punya paspor tanggerang tp ingin pindah ke depok
    gmna ya caranya
    apa bisa d wakilkan dengan orang lain
    mhon penjelasannya

  13. Maaf, mau tanya…. berapa hari sih sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk membuat passpor baru, karena kemarin saya tanya katanya sampai dengan 8 hari… trus kalo Akte lahir kita yang asli hilang, bisa gak ??? Trims

  14. subhanallah mba tipsnya, ga sia-sia dteng pgi dpt nmor antrian 5 dihri pertama, dan 2 di hari ke 3..maksih
    oiya untuk info saya bkin paspor kena 10 hari krena ketbrak weekend..

    • Mau nanya,kemaren paspor udah bisa diambil,tapi harus pake tnda bukti ya? Punya ku udh ilang,kira2 gimana ya ntar bilangnya?
      Bisa diambil ga tuh?

      • sy jg kurg tau mba klo itu :mrgreen: tp dcoba dulu mba pke kartu identitas kya KTP, dll.. bilang saja ke ptugas klo hilang.

  15. mau tanya mBa..semua kelengkapan surat pembuatan paspor hilang..seperti ijazah dan akte..itu masih bisa ga ya untuk pembuatan paspor..?

    • dicoba saja mba.. dg membawa identitas yg ada sperti KTP, KK, Buku Nikah (jika sudah menikah) lalu lngsung ke kantor imigrasi dan tanya lngsung, biasanya mereka memberi keringanan.

      • itu dapet nomor antreannya setelah kita naro berkas atau setelah dipanggil nama kita mba ?mohon infonya :D
        dateng pagi itu biar selesai duluan ya ?yg lebih pagi pulangnya kira2 jamberapa ?

  16. setelah dipanggil nama kita… lebih cpt naro berkas brarti lebih cpt dipanggil kan namanya, stelah dipanggil, bru dksh no.antrian sma ptugasnya. pulangnya skitar jm 9.30 klo dpt antrian yg awalan..

  17. mbak, dari hari pertama mengumpulkan berkas berapa hari lagi diminta untuk foto dan wawancara ? besoknya lagi atau 2 hari kemudian ?

  18. mau tanya dong mba,aku cuma ada KK,KTP dan surat nikah/buku nikah,.itu bisa apa tidak ya mba untuk pembuatan paspor?

      • klo aku bukan karyawan perusahaan bagaimana mba?aku cuma usaha kecil-kecilan saja?

      • gak apa2.. lngsung saja ke imigrasinya, biasanya nnti dbantu apa yg kurg. apakah nnti hrs buat surat keterangan di kelurahan atw tidak, nnti diberi tau. smoga lancar..

  19. mba, misalkan sy dpt nmr antrian lewat dr nmr.100, berarti sy harus kembali lg besok . itu berarti sy harus mengantri lg dari awal atau gmn?

    • klo tdk slh, mba bsa lngsung bilang ke ptugas klo mba dpt no.antrian lnjutan yg kmrn spya didahulukan. tp sbaiknya tnya lg mba ke ptugasnya ya soalnya sy kurg tau persis.. :mrgreen:

  20. mau nanya nih..ngusrus paspor tidak pada daerah kita sendiri bisa ga ya?? misalnya ni,,saya ada di batam..liburan ke jakarta..nah niat hati mo buat paspor di jakarta aja tapi ktp masih batam..??makasih

  21. Kalau untuk perubahan nama gimana mba, misalnya namanya hanya 1 suku kata, sedangkan untuk keluar negri daerah timur tengah diminta minimal 2 suku kata (biasanya + nama bapak) tetapi yang tertera di passport hanya 1, kalau untuk penambahan nama apa harus membuat pasport baru atau tidak? prosesnya berapa lama? dan apa saja persyaratannya?

    • setau saya utk timur tengah min. 3 suku kata mba.. iya harus buat paspor baru kalau cuma 1 suku kata. di paspor baru tambahkan nama bapak, kalo nama bpk cuma 1 suku kata, tmbah nama kakek.

  22. mbak finda, terima kasih sebelumnya atas postingan mbak, sangat membantu sekali…
    saya perhatikan mbak orangnya sangat sabar dan baik ya, walaupun banyak penanya yang menanyakan hal yang sama tapi tetap mbak balas satu persatu, hehehe

    saya ingin bertanya mbak, alhamdulillah saya baru dpt kerja di singapura, namun saya belum punya paspor, saya berniat membuatnya, jenis paspor yang saya buat apa ya mbak? kebetulan senior saya sudah ada yang bekerja di sana, dia menyarankan untuk membuat paspor biasa saja, karena dari kantor di singapur nantinya akan ada semacan S pass untuk ijin bekerja di sana, bentuknya semacam kartu dan itu dia gunakan untuk pulang pergi indonesia singapur.. namun setelah saya cari info di internet, ternyata ada paspor khusus untuk orang yang akan bekerja di luar negri, jadi saya harus buat yang mana ya mbak?? mohon infonya

    semoga kebaikan mbak mendapatkan berkah nantinya.. amin.. hehe

    • hehe.. sy hnya brusha mmbantu mnjwb smampu sy. sepertinya saran dr seniornya sdh tepat, mngkin nnti pas di kntor imigrasinya ga ada salahnya klo bertanya trlebih dahulu ke ptugas spya lbh mantap. sukses ya..

  23. Mau tanya mba, klo surat referensi kerja itu wajib ga yah? Klo di ktp+kk pekerjaan sbg karyawan tp lg nganggur, tetep hrs pake srt referensi? Makasih sebelumnya

    • itu memang sulitnya mba, klo di KTP msh trtulis pekerjaan sbg karyawan ttep diminta surat referensi kerja. klo mba sdh menikah mngkin bisa diganti KTP nya jd ibu rumah tangga hehe.. atau konsultasi lngsung ke ptugas imigrasi deh mba maaf yah

  24. Permisi, mau tanya, tempat lahir di passport saya sesuai dengan akta dan ktp, yaitu desa Pupuan ( kabupaten Tabanan). tapi tempat lahir yang dipakai hanya desa Pupuan. saya dengar dengar minimal tempat lahir passpor sekarang memakai kabupaten, apa benar begitu? apa passpor saya bakalan bermasalah? terimakasih.

  25. permisi mau tanya….kalau tempat lahir di passpor pakai tempat didesa ( sesuai akta) bukan kabupaten, apa ada masalah?
    alnya dengar2 alamat tempat lahir passpor skr minimal kabupaten. terimakasih.

  26. permisi mba, mau tanya… klo yg permohonan online yg saya dengar kita bisa langsung foto + wawancara yah di hari pertama sewaktu mendaftar? itu benar ato tidak ya? oiya satu lagi, untuk foto itu ada persyaratan khusus tidak?
    terima kasih..

    • sepertinya utk permohonan online baru bisa di kantor imigrasi trtentu saja, stau saya klo di depok blm bs, jd msh hrs isi formulir lg. utk foto, wkt itu sy foto langsung di kantor imigrasi depok, yg penting berpakaian rapih dn polos2 aja.

  27. Mbak,kalo pengambilan paspor yg diwakilkan keluarga misale ibu saya,,selain pake surat kuasa perlu KTP asli saya ga ya??

  28. mba kalo kita ngrus passport, kan pesrtan nya kan harus ad kk, akte yg asli.na kebetulan saya hnya punya ftocopian, aslinya ada di sulawesi, skrg aq nya di jawa.

    apa ada kemudahan ngk ya?? tolong donk please

    • sepertinya agak sulit kalau hanya ftcpy.. tp mngkin bisa dicoba dg ijazah SMA (asli) dan coba bicara baik2 dgn petugasnya, biasanya mereka akan cba mncari jalan keluar. smoga brhasil ya!

  29. biaya pembuatan paspor setiap daerah sama g ya sama yang d depok?
    berapa biaya yang kamu habiskan untuk bikin paspor n visa?
    thanks lagi sebelumnya.

  30. Pagi Mba… Maaf mau tanya, kalau surat keterangan dari perusahaan pernah dibuat tahun 2011 masih bisa dipakai ngga ya? Soalnya waktu itu belum sempat untuk bikin paspor-nya Mba. Thanks

  31. saya baru saja dari kantor imigrasi depok, sekarang permohonan online sudah bs dilayani di sana… Sy sudah mendaftar online sblmnya, dan tidak lebih dari setengah jam untuk proses tahap pertama (penyerahan berkas), sy lgs diminta untuk datang besok utk proses foto dan wawancara….Untuk info saja, antrian yang datang langsung dan daftar online dibedakan loketnya, sy mendapatkan no hanya menunggu 3 no antrian, sedangkan ibu2 yang hampir bersamaan datangnya harus menunggu 30an no antrian utk loket yang daftar langsung…. Oiya, sy sendiri berdomisili di tangerang selatan, namun bekerja di depok…

  32. mba ,,,klo status pekerjaan saya di ktp & kk karyawan swasta tapi saya juga punya surat referensi kerja dr kantor saya yg lama, apakah saya masih perlu untuk membuat surat keterangan dr kelurahan klosaya sudah tdk bekerja lagi,,,,,,,thx ya mb

  33. Assalamualaikum wr wb….!Slmt mlm mbak..mhn maaf sblmny..utk yg memerlukan jasa pembuatan paspor di kanim depok,bs hub sy (KRISNA) di :085217931122 – 02191611699
    S’x lg mhn maaf ya mbak..Terima kasih!
    Wassalam wr wb

  34. mba finda.. nanya dong.. pas pengambilan paspor itu disuruh nunjukin struk pembayaran nggak mbak? soalnya di tanda bukti pengambilan paspor (dr loket 7) itu tertera “bawalah struk pembayaran saat pengambilan paspor” nah, struk pembayaran saya kebuang ni mbak, udah ngubek2 bak sampah sampe muntah enggak ketemu juga.. tlg dijawab ya mbak.. makasih fast responsenya..

  35. mba..bagaimana jika tidak punya akte dan ijazah terakhir karena kebetulan saya mo buatin utk ibu saya….dan berapa lama pasport itu aktif…dan kapan kita harus memperpanjang lagi…

  36. kalo pas hari pengambilan paspor kita kan disuruh dateng jam satu perlu ga kita dateng lebih awal dari itu? selama ngantrinya selama proses proses sebelumnya ga?

  37. Mba, agak emergency nich, sy rencana mo ke Arab (Mekah/Madinah) +/- 3 bln, cukup paspor biasa aja, ato perlu yg lain jg?

    Trs, KK sy ngga tau keselip dimana, uda dicari2 selama seminggu lebih ga ktemu juga, baiknya gmn ya? Ijazah terakhir jg sama, ga tau nyelip dmn, kira2 hrs gmn ya mba? Klo dr postingan diatas, ijazah bs diganti dgn Akta

    btw, sy agak malas klo hrs tanya2 ke petugas disana, penginnya langsung tau dari sini aja

    Makasi ya mba….

  38. Assalamu’alaikum mbak…
    saya mau buat paspor untuk haji/umroh dan syaratnya harus 3 sukukata nama (musal: Muhammad Rasyid Ridho) tapi saya cuma punya 2 sukukata (abdul Kholil), bagaimana untuk urusnya? jika saya minta sk di kelurahan berarti nama saya di ktp, kk, ijazah, akte beda apakah harus di tambahkan bin fulan?… terima kasih

    • tambahkan nama ortu di belakang nama bapak ketika mengajukan paspor,, misal: nama ortu : “Ahmad” maka utk nama paspor “Abdul Kholil Ahmad” tdk masalah jika beda dg ktp, dll

  39. Saya udh punya paspor umrah yang masih berlaku, dipaspornya ada tambahan nama ayah saya. Sedangkan di KTP tidak dicantumkan nama ayah saya. Saya ada rencana mau nengok anak saya di Australia. Apakah paspor saya yang sekarang ini bisa dipakai untuk perjalanan kesana, kalau saya ingin mengganti paspor baru yang sesuai dengan KTP, apakah prosedurnya sama?

  40. permisi, saya mau perpanjang paspor, saat bikin untuk naik haji, dari kantor imigrasi pertama mencantumkan nama ayah dibelakang nama saya yang tercetak di paspor (yang kalau di ktp dan akta tidak ada), nah saya mau perpanjang paspor, apakah nanti nama yang tercantum di paspor baru sama dengan paspor lama atau bagaimana? saya ingin mencoba online, akan tetapi karena ragu soal penamaan jadi saya ingin mencoba walk in.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s