Backpacker-an ke Malaysia n’ Singapore #1

Standard

Alhamdulillah, salah satu impian saya dan dua teman saya untuk bisa backpacker-an ke LN terwujud. Dengan berbekal info dari om google dan buku travelling plus budget minim, akhirnya kami  memberanikan diri utk berangkat backpacker-an selama 4 hari 3 malam ke Malaysia dan Singapore. Sebenarnya kami berencana berangkat  backpacker-an akhir tahun 2011 yang lalu. Tapi sayangnya karena kesibukan masing-masing kami belum sempat booking tiket. Begitulah kalau niat tanpa action hhe.. Sampai akhirnya kami benar-benar berburu tiket online pada bulan Desember 2011 untuk keberangkatan di awal April 2012 ini. Ternyata mencari tiket untuk bulan April tidak semudah yg kami bayangkan. Semua tiket yg kami inginkan sudah full booked. Tapi Alhamdulillah akhirnya kami berhasil mendapatkan tiket Jakarta-Kuala Lumpur dg basic price Rp. 359.000 dari AirAsia untuk keberangkatan tanggal 8 April 2011 pukul 08.35 pagi. Tapi setelah ditambah biaya full surcharge, biaya bagasi, biaya pesan tempat duduk,dll totalnya membengkak jadi 500rb-an per orang. Gak apa-apa deh! Alhamdulillah udah ada titik terang.

Oya, rute perjalanan kami adalah Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Singapore, Singapore-Jakarta. Semuanya via AirAsia dan tentu saja cari tiket yg promo :mrgreen: dan total biaya yg kami keluarkan per orang untuk biaya 3 rute perjalanan tsb sekitar 1,3 jt-an/org . Tadinya untuk rute KL-Singapore kami berencana naik bus seperti saran dari buku traveling ala backpacker, tapi setelah dipikir-pikir lagi ternyata harga tiket bus tidak jauh berbeda atau bahkan ada yg sama dengan harga tiket pesawat promo. Selain itu, perjalanan dengan bus memakan waktu yg lumayan lama yaitu sekitar 4-6 jam perjalanan juga menjadi pertimbangan kami. Oleh sebab itu kami memutuskan untuk naik  pesawat saja supaya lebih efektif.

Tips dari  saya, untuk lebih efisien jangan bawa barang terlalu banyak (max.7 kg) supaya bisa masuk kabin dan tak perlu mengeluarkan biaya untuk bagasi.. Dan kalau pun harus pakai bagasi, sebaiknya pesan online. Karena lumayan banget selisihnya. Pengalaman kemarin untuk perjalanan KL-Sing kami tidak pesan bagasi jadi ada biaya tak terduga untuk bagasi yg cukup mahal sekitar RM 60 untuk 10 kg. Lumayan kan?? (Tp untungnya kami bagi 3 jd masing-masing RM 20) :mrgreen:

Masuk ke detail perjalanan kami.

Hari ke-1 (Minggu, 8 April 2012) :

Kami berangkat menuju airport pukul 5 pagi dengan tas ransel di punggung.. ala backpacker banget deh! hhe.. dan sampai di sana sekitar pukul 6. Setelah check-in dengan membayar airport tax sebesar Rp.150.000 serta melewati imigrasi, kami menunggu 2 jam di ruang tunggu untuk boarding. Lama bgt ya.. Tapi ga apa-apa lah yg penting sudah sampai airport. Eh ternyata terminal 3 Soeta yg baru itu bagus juga lho..hehe.. Baru pertama kali masuk sini soalnya, biasanya di Terminal 1.

Oya, kalau mau ke LN jangan bawa minum atau buah-buahan ya . Sudah pasti di ambil sama petugas . Oya, botol air mineral kosong juga ga boleh. Soalnya waktu salah satu teman saya mau bawa botol air mineral bermerek yg udah kosong ternyata tetep ga dibolehin sama petugas . Walaupun kita kekeh bilang kalau ini cuma botol kosong tapi tetep aja ga boleh. Jadi, bawa tempat air minum biasa aja ya..

Akhirnya kami terbang juga ke Kuala Lumpur. Penerbangan ke sana memakan waktu sekitar 2 jam. Sampai di sana pukul 11.30 karena perbedaan waktu dengan Jakarta sekitar 1 jam lebih dulu di KL. Adzan dzuhur di sana sekitar pukul setengah 2. Kami langsung naik Aerobus berwarna kuning yg mangkal tidak jauh dari pintu keluar LCCT untuk menuju KL central, biayanya RM 8 / orang. Bus nya mirip-mirip patas AC lah kalau di Jakarta. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang jalan kami melihat hamparan perkebunan sawit.

Sampai di KL central kami membeli tiket terusan Bus Hop on Hop off yang memang diperuntukkan untuk turis. Harganya RM 38 dengan masa berlaku 24 jam. Dengan menaiki bus tingkat ini, kita tidak perlu bingung karena bus ini akan membawa kita ke seluruh tempat wisata dan pemberhentian penting di Kuala Lumpur. Selain itu bus ini juga menyediakan tempat duduk tanpa atap di lantai 2 jadi kita bisa puas menikmati kota Kuala Lumpur berteman angin sepoy-sepoy :D Kebanyakan yg naik bus ini tu para bule2, jarang yg turis Asia kayak kita :D ga tau jg kenapa begitu? Oya, kita juga dikasih peta perjalanan bus ini. Ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui di titik mana seharusnya kita turun untuk mengunjungi tempat yg kita tuju.

Oya, berhubung kami harus mengikuti rute memutar dulu sebelum ke titik pemberhentian yg kami tuju di mana penginapan kami berada, akhirnya kami memutuskan melihat-lihat sekeliling kota Kuala Lumpur dulu skaligus berfoto-foto dengan membawa tas ransel besar di punggung.. (backpacker sejati :mrgreen: ) . Ini dia hasil jepretan kami!

Mulai dari istana negara, masjid negara, dataran merdeka, KL tower, petronas twin towers, dll.

Sampai akhirnya titik pemberhentian yg kami tuju tiba, yaitu Jalan Tengkat Tong Shin. Penginapan kami hanya berjarak sekitar 10m dari tempat pemberhentian hop on hop off (asik kan..) .

Setelah berputar-putar kami tiba di penginapan sekitar pukul 5 waktu Kuala Lumpur. Kami menginap di Anjung KL Guest House. Karena kami bertiga, kami menyewa triple room seharga RM 90 / malam. Kami tinggal di sana selama 2 malam. So, per orang kena biaya RM 60. Tempatnya seperti wisma, di mana terdapat banyak kamar, dan kamar mandi di luar, selain itu air minum dan televisi tersedia juga di luar. Tapi lumayan ada wifi juga kalau mau ol tanpa roaming hhe… Walaupun kamarnya tidak besar, tapi tempatnya bersih. Cukup nyamanlah untuk para backpacker yg cuma numpang tidur kalau malam. Dan untungnya kamar kami dekat dengan kamar mandi dan dapur. Jadi, berasa rumah sendiri :mrgreen: Berhubung belum makan, kami langsung cari makan. Untungnya di depan penginapan kami ada restoran India yg menjual makanan halal. Akhirnya kami memesan paket nasi kari+ ayam+sayur+ teh manis seharga RM 5,9 . Oya, kalo mau pesen es teh manis, bilangnya ais tea O , karena kalau bilang cuma ais tea nanti dikasihnya es teh tarik..

Setelah selesai makan, kami beranjak menuju central market (pasar seni) untuk membeli oleh-oleh. Di sini banyak yg menjual aneka soevenir, coklat khas Malaysia, pakaian, dll. Harga yg ditawarkan jg cukup terjangkau.

Dari tempat ini kami janjian dengan temannya teman kami yg kerja di KBRI di Malaysia.

Dia mengajak kami foto ulang di Petronas tower. Karena katanya lebih bagus kalau malam. Jadilah, kami foto 2x di sana. Setelah itu kami di ajak makan roti khas India seperti roti canai, roti tisu, roti telor, dll. Seperti inilah penampakannya:

Lalu, dari situ kami beranjak ke Look Out di wilayah Ampang,KL. Di sana kita bisa melihat indahnya kota kuala lumpur pada malam hari dari ketinggian. Sambil makan steamboat yg rasanya mirip-mirip somay tapi penyajiannya di tusuk seperti sate. Setelah kenyang, kami pun kembali ke penginapan .

About these ads

95 responses »

  1. mba, aku 5 mei besok akan jalan2 ke malaysia sendiri, ini pertamakalinya ke LN dan pertama kalinya naik pesawat (duuu…kasiman yaaa…) tapi kan selalu ada langkah pertama kata nenek…hehe…tolong dong share langkah2 mulai dari masuk terminal 3 bandara soeta, dr turun taxi ke mana-kemana gitu mba…klu nunjukin npwp suami bisa bebas fiskal kan ya mba? haduuuh…dah kebayang deh aku bakalan norak abis…pls mba infonya yaaa…impian sedari kecil nih pingin bisa jalan2…trimakasih yaaa…

    • insya Allah mudah koq mba :) msk aja ke pintu keberangkatan internasional d trminal 3, trus scan barang bawaan di mesin yg trsedia. nnti dtunjukin koq sma ptugasnya. abis itu tinggal check-in aja di mesin check-in, klo ga ngerti nanti dibimbing sma ptugasnya. trus bayar tax airport 150rb. skrg dah bebas fiskal mbak jd ga ush khawatir wlau ga punya npwp. habis itu ke bagian penitipan bagasi klo mba mau pakai bagasi. dr stu qt mnuju ruang boarding di lt.atas, klo bngung ikutin aja org2 yg sma2 mw ke LN hehe.. nnti di ruang ats qt bakal melalui proses imigrasi. asalkan ga bwa cairan lbh dr 100ml dan ga bwa buah2an insya Allah bakal melewati imigrasi tanpa kendala. abis itu msk ke ruang tunggu.. rajin2 aja liat papan info keberangkatan yg ada di meja informasi. tp ptugasnya jg ksh pngumuman koq. setelah pesawat datang tgl naik deh hehe.. Gudlak yaa mbak.. :)

      • haturnuhun ya mba…pencerahannya walau msh deg deg-an, tiketku tgl 15-18 mei, nti aku share deh perjalannya seperti apa hahaha…kondisiku nig persis anak kecil garabak burubuk…kebayang nti pasti aku norak pisan deh…wkkkk…tapi mimpiku aku harus bisa menikmati goyangan gondola di venezia, aiiih…one day i know i will go there, yuk ah bermimpi…salam…

    • met pagi mba finda…
      asyiiiik….sukses mbaaaaaa…15/5’12 subuh aku dah di bandara soeta(hehehe…maklum perdana, tatut something wrong jadi pagi banget, padahal pesawatku jam 06.25) menuju departure area-pak petugas tanya:mba udah book tiketnya, mana tak lihat…silakan masuk mba. setelah scan backpack+handbag aku ke counter check in, naaaah dimulailah “setori”-nya, mba counter bilang KL kesana dulu ya (sambil nunjuk ke belakang punggungku) ini antrean yg penang dulu. patuh aku mundur, di belakangku jejeran kursi ya wes duduk manis,trus mba counter triak:Kuala Lumpur-aku maju,mba counter mulai kesel,katanya:mba mo ke KL,tanpa bagasi? silakan check in di mesin. waaaa….kirain disuruh nunggu,makanya aku duduk manis, hehe…ngadepin mesin sedikit binun mujsti mencet paan-secara ini perdana, trus aku mlototin yg org disebelahku ngapain aja-soalnya petugas yg duduk manis disitu sdg seru debat ma tamu ngotot2an re.airport tax (tamu ngotot gak mo bayar soalnya di negaranya gak ada airport tax,ktnya).check in lulus-byr 150rb-dpt boarding pass-naik mnj imigrasi eh kepagian,masih kosong, hehe…lolos imigrasi “setori” ke-2 terjadi,aku digiring petugas u/cek handbag,kluarin smua isinya,tak ada yg mencurigakan-petugas “binun”, mba pinjam tas-nya ya u/cek ulang-monggo2 ktku dgn setenang mungkin(teanglah wong aku org baik2…waktu tas kembali penasaran kutanya,apa to pak? ehmm..itu td kok terlihat spt ada obeng, haaa? aku hrs nunggu di G6,okaaay sesuai info yg kubaca2 ktnya u/pemula sebaiknya manis2 dkt gate biar gak tertinggal pswt, aiiih…lalu penumpang mnj penang-s’pore….dan barulah KL dipanggil, horeeee…akhirnyaaaa….pas dlm pesawat ada tingkah penumpang yg lucu<rupanya bkn hanya aku yg perdana, sepasang usia paruh baya ribut panggil2 pramugari:mba…mbaaaa…kami dah pesan breakfast. sampe di KL sedikit shock kok "sederhanaaaaa" banget airportnya, jauuuh beda ma bandara soeta, temen malaysia-ku bilang kau musti tengok KLIA mie, its cool,katanya…siiip, 18/5 malam aku dah di jkt lagi, ketoke ketagihan dolan neh kayaknya…kapan2 aku akan kesana lg pingin ke penang-bukit bintang. thanks ya mba finda….GBU

      • siiip…Alhmdulillah akhirnya smua lancar ya… yg namanya travelling tu emang bikin nagih mba.. hhe… :mrgreen: sukses slalu yaa mba Mia! :)

  2. sekedar informasi aja, yang tidak memperbolehkan membawa makanan dan minuman itu bukan petugas imigrasi. imigrasi ga ada urusan sama barang bawaan. yang tidak memperbolehkan itu adalah petugas dari Angkasa Pura selaku pengelola bandara (indonesia). coba diperhatikan lagi seragamnya. jangan sampe salah pengertian.

    diluar negeri juga kurang lebih sama. biasanya yang ngecek barang itu petugas dari bea cukai (custom) negra setempat.

    • saya booking via online mba.. utk di singapore sy pilih nginep hive backpackers hostel, silakan buka di http://www.thehivebackpackers.com krn slain hrganya trjangkau, cara bookingnya gampang tinggal krm email aja ksana, cara pembayarannya lngsung di tempat nnti klo sudh smpai sana. klo di malaysia sy nginep anjung KL guest house, bsa di akses di http://www.anjungkl.com cara bookingnya jg mudah koq tinggal isi formulir d web nya, cuma utk yg di malay ini msti pake jaminan Credit card mba. Klo misal blm punya, bisa pinjem punya org lain gpp.. krn cuma buat jaminan aja.. bayarnya tetep cash nnti klo sudh smpai di penginapan.

  3. Mba Finda mau numpang tanya.
    Apa sekarang mmg sdh ga perlu lagi ngurus bebas fiskal ya? Waktu terakhir saya ke Singapura thn 2010 masih ngurus bebas fiskal krn sdh punya npwp. Jd setelah pegang boarding pass, kita diminta ke loket pengurusan bebas fiskal dgn membawa copy npwp dan kk (krn bawa keluarga). Apakah sekarang tidak perlu lagi ngurus ginian ya, mbak? Termikasih sebelumnya.

    • iya sudah bebas fiskal meski ga punya npwp, sjk 2011 lalu klo tdk salah,, Dan pas sy brngkat April’12 kmrn jg tdk diminta urus fiskal koq.

  4. waaaahhh asyik ceritanya…aq pengen kaya gitu, aq penegn banget ke singapura ampe ngimpi ngimpi segala…ni juga lagi baca2 info2 ke singapura…
    kalo boleh tau total ke malaisya singapore berapa ya mbak
    biar bisa prepare nie aq…
    doakan ya aq bisa mengikuti jejaknya mbak mbolang ke singapore
    keren banget ya!!!mbolang aja ke singapore hehehe

    • Aamiin mbak sy do’akan :) Total biaya prjalanan sy kmrn skitar 2,3 jt-an itu blm trmasuk oleh2 ya mba hhe.. (biasanya bisa membengkak d bagian ini) sbenernya sy yakin bsa lbh murah dr itu klo qt bner2 hunting tiket termurah dan menyiapkan sgala ssuatunya dg baik. Itu prjalanan prtama saya mbak jd blm pengalaman hehe…

  5. salam, mbak…boleh tau temannya di KBRI siapa ya? krn sy mau tau apa KBRI adain buka puasa bareng? insya Allah tgl 3 agustus kami berangkat, boleh tau nope mbak………………mkasih

    • Mungkin bisa langsung menghubungi:
      Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur

      No. 233 Jln. Tun Razak
      Kuala Lumpur
      Wilayah Persekutuan
      50400
      Malaysia

      info@kbrikualalumpur.org
      +603-21164016
      +603-21417908
      maaf tmn sy ga mau di publish mas..

  6. mba finda..rencana saya mo berangkat ke malaysia tgl 17 oktbr nanti,tp saya udh booked penerbangan jam 15.55..sampai dsn..malam..ini pertama kalinya saya pergi ke LN
    yang saya ingin tanya jika naek bus hop on hop it masih bisa ga..
    trus ada ga..tiket bus dari terminal lcct yang langsng menuju singapore

    • mbak menginap dmn? klo di bukit bintang bisa naik monorail aja.. klo naik bus hop on mlm kyanya udh ga ada mba.. kyanya klo dr terminal lcct ga ada mbak, msti ke terminal di kota KL nya, puduraya..

      • yang mau barengan ke KL mau donk….aku pengin kesana tapi ga ada temen….rencana bulan Januari 2014 mumpung ada promo Airasia

      • hi mba finda…
        setelah tertahan-tahan setahun dari rencana mau ke penang (karena rumahku kebanjiran terus menerus), akhirnya kemaren 19-22 juli 2013, 2nd trip berlanjut ke penang-aku betaaaah di penang
        rasanya mau cuti terus deh… hehehe…aku kepincut kuah laksa penang, enyaaaak banget, juara !!! hmmm…masih ngeces…kapan yah bisa jalan lageee… (aku nginap di hydro, sarapannya manteb! hotelnya tenang, trus main2 aja di feringghi beach, mampir2 ke hardrock hotel buat foto2 – gak mau nginep disini soalnya berisik-isinya nak muda semua… trus explored georgetown, jajan ke gurney, main2 ke kek lok si temple, ke pasar ayer itam jajan durian, ke penang hill naik kereta)…hehehe…penang enak, tenang gak brisik dan banyak jajanan shadap…

      • w mau k singapura n malaysia tanggl 3-8 oktober 2013 ini. mohon mas n mba. ada yang bareng ga.?

  7. mbak boleh tau nama tempat makan yg roti canai sm yg di steam boat itu? trus harganya berapa ya mbak? mahal ngk? trus flight aku kan malem, susah ngk bisnya? makasih ya

    • Dear,

      Untuk penerbangan jam 15.55 sampe sana masi sore kok skitar jam 19.55 masi banyak angkutan untuk ke KL sentral, banyak bus (seperti patas) yg mangkal disana, sampe di KL sentral gausa naek HOHO mending kalo tujuan hotelnya daerah bukit bintang (naek monorail)sehabis turun dari bus jangan naek eskalator ke atas, tapi langsung lurus aja, keluar dari terowongan..(Ada arah panahnya n tulisannya) dan acuhkan org2 disekitar jalan menuju monorail yg sok ramah n minta data diri trus ujung2nya menjual souvenir n sedikit memaksa,

    • waduh lupa mbak namanya abis mlm2 jd ga jls gtu.. hehe..udh gtu sy ditraktir jd ga tau harganya.. kyanya msh mba.. nnti tnya lg aja ya sm ptugas

  8. Mbak finda, bsk oktober aku berangkat ke KL… minta saran dunk apa aj yg perlu aku siyapkan??? Tys dari KL ke SGP naik apa mbak yg murah? Aku sih pngen nya ke singapore cm sehari, bergkat pagi n mlm nya balik lagi ke KL.. soale biaya hdup di SGP lebih mahal di banding KL mbak,,, heheheh scra mau jadi backpacker sejati :D
    tys mb finda, apa yg hrus aku lakukan saat aku tiba di KL mbak? terima kasih

  9. mba finda bsa bantu ga ya…..rencananya aku tgl 24 septmber ini brngkt ke kl…..kira2 nympe d kl jam stng 10an mlm….rencananya sie mau lngsung lanjut ke singapore…..

    kira2 jam segitu msh ada ga bis ke singapore….

    • setau sy bis paling malam jm 11.30 pm.. itu brangkat dari terminal bus pasar rakyat KL. atau mba coba search info di google aja mba hehe.. bnyak koq info ttg bus2 nya

  10. hai,numpang nimbrung aja…yang mau pada ke malaysia bisa buka malaysia.panduanwisata.com tahun lalu aku ke singapore 1 minggu juga berdasarkan panduan dari situ (ada panduan ke singapore juga). oktober nanti mau ke malaysia-singapore jg banyak dapet panduan dari situ :) semoga membantu…

    @sist lena : aku oktober jg mau ke KL hehehe jg mau ke singapore juga hehehe….klo selama ini aku liat harga tiket antara air asia sm bus hampir sama…klo mau bolak balik lebih baik naik pesawat yg cepet,klo naik bus hampir 5 jam…kalau ke singapore cuma 1 hari kuraaaaannngg sist hehehehe

    @sist dewi : kalau berdasarkan web yg aku buka,ga ada bis yg jam malem mba….coba buka https://www.aeroline.com.sg/ itu bis ke singapore…klo daerah harbour front itu nanti langsung di mall vivo city…bisa langsung ke sentosa island yg ada USS nya hehehehe

  11. assalamualaikum mba finda,salam kenal :))
    mba ada no mba yang bs di hub ga??or pin bb gtu mba,mau tnya2 liburan ke malaysia,heheh sukron mba :D

  12. mba findaaaaa…asyiiik…februari tahun depan ku mau ke malaysia lagi, waktu itu kan ke KL, sekarang rutenya ke penang-mau kuliner ah, ini lagi ngintip2 hotel2 di batu feringgi…bener katamu, travelling bikin nagih. biarin aja ubek2an bolak balik ke negara tetangga, sambil kerja sambil nabung sapa tau suatukali bisa juga nyampe europe hahay…mimpi teh geuning endaaang…

      • tgl blum aku pastikan-masih ngintip hrg tiket, november awal baru mau book tapi jelas februari 2012 aku kesananya, ini lagi make a list tempat2 yang mau aku kunjungi, terutama penang hill-aku mau sore2 naik keretanya, dr yang aku denger view dr atas bagus banget, suasana romantis gitu, juga lagi ngerancang tempat2 makan yg mau aku coba hehehe…

  13. mau tanyak nih,
    berapa total dana yang kalian habiskan buat perjalanan jakarta-malaysia-singapura selama 4hari 3malam itu?
    pengen nyoba perjalanan kayak itu juga, tapi ngertilah kantong pelajar….semua harus persiapan jauh2 hari dulu n semua harus dihitung dulu.:-D
    makasih sebelumnya.

  14. mbak findaa.. ada yang tau infonya gak ya untuk perjalanan dari bandara KL menuju sirkuit sepang dan sekalian tempat menginapnya untuk menghemat biayanya, tips nya bisa dibagi donk.
    tanggal 20-22 lagi ada event moto gp. jalur yang mana yang harus dilalui. trims infonya. Salam ransel mburi.. :)

  15. sy rencananya 14-18 Nov 2012 mo ke KL trus ke Singapura, baru pertama kali backpakeran ke LN. Ada yg mau ikut ??? kan bs saling berbagi biar lebih irit hehehe

  16. Hallo Salam Semuanya

    ” UNTUK PEMULA ”

    Pada dasarnya pergi Jln2 ke Negara yang lebih maju tuh sangat mudah

    01. Sarana Transport Mudah, Bersih, tertur, Terarah, Terjadwal
    02. Petunjuk Sangat Mudah Dijumpai
    03. Walaupun itu baru pertama kali kesana asal bekal cukup/uang and rajin buka google and youtube serta berbekal GPS HP itu sangat membantu
    04. PASPORT ( Modal utama untuk pengisian data waktu beli Air Tiket / Buss )
    04. Untuk pemula kami sarankan sbb : ( Misal kita mo jln2 Malaysia – Singapore atau Singapore, Malaysia and Thailand )

    -Buka / Download Video di Youtube Penerbangan Jakarta ke KLIA ( Kuala Lumpur Intl Airport )
    -Buka / Download Video Buss ( Sky Buss cuma MYR10/orang /Express Train MYR45 dari KLIA ke KLCC ( Kuala Lumpur City Centre )
    -Buka / Download Video Terminal Buss Pudu Central & Terminal TBS ( terminal Persepadu Selatan )
    -Buka / Download China Town, Petronas Twin Tower ( kalo mo naik ke Skybridge ya ngantri dari jam 5 lah ), Batu Cavas, Genting Highland.
    -Buka / Download Video Perjalanan Buss dari KL ke Singapore ato ke JB Johor Baru ni lebih hemat.
    -Buka / Download Video suasana Imigrasi di JB & Woodland Sinagpore border
    -Buka / Download Video Sentosa Island, Bugis street, Orchard Road, Litle India dll dan terakir
    -Untuk menginap ala backpacker booking aja di hostelworld.com
    -Buka / Download Video Road to Changi Airport ato kalo mo lewat Batam ada videonya ke Harbourfront
    -Buka / Download Video Check In di Changi sesuai dengan penerbangan yg telah di pesan

    Mudah Bukan
    ” BERWISATA ITU GA HARUS MAHAL ” motto bog tetangga :)

    Salam Semuanya

    Hart

  17. salam…tanggal 19 April 2013, saya dan temen saya mau jalan-jalan ke Malaysia, saya beli tiket CKG – PNG, memang saya beli tiketnya ke Penang, tapi pengen langsung ke KL, naik apa ya??
    pengennya naik kereta, tau gak kalau dari Penang naik kereta ke KL, naiknya dari mana ya? thk

  18. salam kenal sebelum nya. asik yah liburan murah meriah…. hehehehe jadi pengen banget liburan dengan suasana yang baru (gak keruetan indonesia melulu). klo misal nya mau ke malaysia gitu beneran kah sekarang udah bebas fiskal. soal nya saya belum punya npwp. takutnya di suruh bayar lagi 2,5jeti, jadinya kan bukan liburan hemat malah bisa2 fiskalnya lebih mahal di bandingin ama cost liburannya. hehehehe sukses terus buat jalan2 nya moga bisa share terus untuk para pelancong pemula seperti saya

  19. Heii ak ada rencana mau backpakeran k KL-Sing-bangkok, gak sekarang ko. Bbrp bulan k depan mngkn april atau mei… skr nabung dulu, hehehe. Hayuuu saii yg mau gabung biar seru rame-rame. Aku uda pernah ke Kl-sing tp pake travel agent gt. Ini pengalaman pertama jg backpakeran k luar. Hehehe
    Atau kl ad usulan laen boleh yg pntg kl aku hrs k bangkok ny.hihihi
    Kita atur budget nya seminimal mngkn, liburan kan gk harus mahal.
    Add ym aku aja: apriliadwi99@ymail.com
    tar kita bs tukeran pin Bb, oh ya buat finda msh bngt info ny. Ayooo bolang bareng. Hehehe

    • Wah..maap mba.. Aq bru buka blog lg hehe.. Mkasih jg udh brkunjung k blogqu. Trnyata yg add ym aq mba to.. Koq bsa nemu?? Hhe.. Salam knal ݪª! Aq jg ada niatan ke bangkok, mngkn via penang malay mnuju phuket mnyusuri thailand smpai bangkok jg seru! Cuma blm tau kpn.. Nnti lnjutin via ym aja ya.. Silakan bg tmn2 yg mau gabung, bisa tinggalkn alamat ym nya.. Tq

  20. haiii…yg disini pada mau ke LN yah?? samaaa!! apalagi ke singapura..awalnya sih mau ke KL maret depan,pengeeeen bgt nonton gp F1..tp kayakx msti ditunda deh.maunya nanti gp singapura,tp msh lama,september..tp lumayanlah skalian nunggu tabungan banyak dulu..hehee..siapa tau ada yg rencana ke singapura september nanti,kabarin yaaa..add di ym were.taufik@yahoo.com
    tq

  21. yang mau ke KL-singapore tgl 23 -27 januari 2013 bareng yuuuk.. saya berangkat dr soetta jam 9 malem, nyampe KL sekitar jam 12 malem, rencana mau langsung lanjut ke singapore. tp udah ga ada bis ke singapore ya? hwaaa…

  22. Saya mau ke Singapore – KL tanggal 17 – 21 Okt 2013 (masih lama… jadi bisa banyak2in nabung dulu) yang mau gabung hayuukkk… biar rame, kita atur budget dan rute nya bareng, pokoknya diatur biar bisa ubek ubek 2 negara itu deh, ala backpacker juga oke kok

  23. salam mbak, seru sepertinya backpackeran ke malaysia. InsyaAllah saya juga akan ke Malaysia tgl 19-22 Maret 2013 mendatang dengan tiket promo Airasia 250rb rupiah pp CGK-KL, dan penginapan yg juga promo 25rb rupiah untuk satu kamar suite di Citin Pudu Hotel berbintang tiga permalam. Karena satu kamar berisi dua orang, jadi semalamnya satu orang hanya membayar 12.500 rupiah saja :) ternyata kalau di hitung2 rencana kami makan, keliling2, transportasi dan penginapan kurang dari 1 juta saja, kira-kira adakah biaya lain yang perlu saya persiapkan mbak selama di airport atau malaysia?

    follow me @chabellitaa

  24. mba bela sy mau info donk sy renc.nya mau kemalaysia ama 2anak saya,n kbtln sdh beli tiket promo kesing..nach yg sy mau tnyakan klo dr sing kemaly.naik apa mba yg murah n ga ribet..n nginep dimana yaa mba yg deket ama kidzania n twin twr tp pastinya yg murah mbaa..mhn infoo yaa mba,krn sy bw anak2,kshn klo ribet..mksh yaa mba

  25. mbak., klo kita pergi backpaker sndirian ke malaysia trus kita mw jalan ke singapura nak bus., kita bilang apa ya sma pihak imigrasi malaysia yg di airport., karna kita kan gak ada yg menjamin.. tolong info nya ya mbak

  26. Mau nanya2 neh…..saya mau ke KL minggu depan…..ada yang bisa bantu cariin Hotel/Penginapan murah gak….soalnya saya baru pertama kali ke Kuala Lumpur neh. thx.

  27. Mbak sy pengen jalan jalan ke kl sm Singapura mungkin sendirian dan blm pernah. Klo saya tidak bisa bahasa Inggris apa akan mengalami kesulitan?

  28. Hai semua…setelah baca2 di post berbagi info dan pengalaman sangat brmanfaat yah, apalagi kita sebagai warga indonesia mau bepergian keluar negeri sprt KL, Singapore… berbagi info’ya donk sama2 warga setanah air nih..btw saya rencana mau ke KL Sendiri, barangkali ada yg mau bareng, soal’ya sama2 perdana…akhir tahun 2013 saya k KL…mau thn baruan disana mksd’ya, klo ad yg gk ada tmn bs bareng dr tanah air, saya brgkt dr Bandung.

  29. Mba finda punya referensi hotel di Bukit Bintang yang ga mahal tapi bagus nda…saya rencana mau ke KL bulan Januari 2014 mohon infonya yaa…maturnuwun…( kalo ada yang mau barengan ayookk…..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s