Yuk Siap-siap Menyambut Ramadhan!!!

Standard

Tak terasa waktu bergulir amat cepat, bulan Ramadhan akan tiba kurang dari sebulan lagi. Bulan Sya’ban pun akan segera berlalu. Tetapi pertanyaannya sekarang, apakah yang sudah kita persiapkan untuk menyambut bulan yang mulia ini? Seperti halnya sibuk menyambut tamu istimewa yang akan hadir ke rumah kita, maka begitulah seharusnya kita mempersiapkan diri menyambut kedatangan Ramadhan yang teramat istimewa untuk dilewatkan.

ramadhanIsComing
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu: Adalah Rasulullah SAW memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda: Atinya: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa.”(HR. Ahmad dan An- Nasa’i)

Berbicara soal persiapan, saya jadi teringat celotehan salah seorang teman kampus saya. Katanya,”Ayo beli baju lebaran-nya dari sekarang, biar Ramadhan-nya khusyuk!” He..he ada-ada aja ya?! Tapi mungkin ada benarnya juga, maksudnya biar Ramadhan benar-benar diisi oleh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sehingga apapun yang kita lakukan pada bulan itu dapat bernilai ibadah. Hmm..Tapi tidurnya orang yang berpuasa ibadah juga kan ya?! Hhe.. Ya udah daripada nanti semakin ga’ jelas mending langsung aja kita simak sepuluh langkah dalam menyambut Ramadhan yang saya kutip dari situs Dakwatuna.com (karena belum menjadi kapasitas saya untuk memberikan tips menyambut Ramadhan ^^), semoga bermanfaat :

1. Berdoalah agar Allah swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat wal afiat. Dengan keadaan sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal di bulan itu, baik puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadhan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadhan; dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.” Artinya, ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan ridhai.

2. Bersyukurlah dan puji Allah atas karunia Ramadhan yang kembali diberikan kepada kita. Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadhan telah tiba dan kita dalam kondisi sehat wal afiat, kita harus bersyukur dengan memuji Allah sebagai bentuk syukur.

3. Bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadhan. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadhan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Salafush-shalih sangat memperhatikan bulan Ramadhan. Mereka sangat gembira dengan kedatangannya. Tidak ada kegembiraan yang paling besar selain kedatangan bulan Ramadhan karena bulan itu bulan penuh kebaikan dan turunnya rahmat.

4. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan. Ramadhan sangat singkat. Karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.

5. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadhan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]

6. Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadhan. Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadhan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” begitu kata Allah di Al-Qur’an surah Al-Anbiyaa’:7.

7. Sambut Ramadhan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadhan adalah bulan taubat. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Q.S. An-Nur (24): 31]

8. Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun-nafs. Hadiri majelis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental kita siap untuk melaksanakan ketaatan pada bulan Ramadhan.

9. Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan:

· buat catatan kecil untuk kultum tarawih serta ba’da sholat subuh dan zhuhur.

· membagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.

10. Sambutlah Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Kepada Allah, dengan taubatan nashuha. Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya. Kepada orang tua, istri-anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahmi. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Sya’ban semakin merayap, Ramadhan kian dekat. Selamat bersiap-siap menyambut Ramadhan!!!

“Ya Allah panjangkan umur kami sehingga berjumpa Ramadhan.” Allahumma aamiin.

14 responses »

  1. artikel yg mencerahkan hati di tengah bulan sya’ban ini.
    saya sll merindukan datangnya ramadhan dan menikmati indahnya malam2 ramadhan saat berkomunikasi denganNYA.
    smg kualitas puasa ramadhan kita tahun ini jauh lbh baik dr tahun2 sebelumnya. amiin…

    • sama….. kangeeeennnn!!!!^^ mudah2an qt bs kmbali brjumpa dg ramadhan di taun ini ya dhil n’ pastinya dg ibadah yg lbh baik lg amin…

  2. Assalamu’alaikum,
    Subhanallah, tulisan yang sangat bagus. Semoga kita semua tidak akan membiarkan Ramadhan ini berlalu begitu saja tanpa membawa perubahan kebaikan bagi kita, di bulan-bulan selanjutnya, amin.
    Ohya, bila berkenan, saya ingin kita tukeran link, mohon ijin, saya link blognya duluan ya..? Terima kasih atas dukungannya ya…
    (Dewi Yana)

    • Walaikumslm .wr.wb
      Syukron mba udh brkunjung..
      Amin..bwt do’anya…
      Silakan mbak link dluan…Blog mba Dewi jg sudh saya Link🙂

  3. Assalamualaikum,
    “Ya Allah panjangkan umur kami sehingga berjumpa Ramadhan.” Amin. Semoga Allah selalu mendengarkan do’a dan pinta kita yang sederhana tapi kaya dengan makna ini.
    Salam Kenal.

  4. Tulisan yang benar-benar menggugah.
    Kerjakan semuanya yang kita tahu. Tidak perlu lagi menghitung waktu istirahat, kalau perlu isi semua waktu dengan beramal shaleh dan … segera lupakan.
    Betul! Lupakan setiap amal yang sudah dikerjakan. Ingat saja dosa dan kesalahan.
    Bermohon agar Allah memberi ampunan, dan agar kita selamat sampai di tujuan.

    Salam takzim.

  5. Trima Ksh sudh menyempatkan brkunjung🙂 yup, saya stuju dg kata2 “Tidak perlu lagi menghitung waktu istirahat, kalau perlu isi semua waktu dengan beramal shaleh dan … segera lupakan.” Smoga qt bs Istiqomah…

  6. assalamualaikum wr.wb
    tulisan yang indah dipandu dengan pengetahuan yang mumpuni, alhamdulilah masih ada yang peduli dengan kebesaran bulan ramadhan bisa saling bertukar link terima kasih sebelumnya sukron,…
    Wassalam

  7. wlkmslm.wr.wb trima ksh ats komennya.. tp spertinya komennya terlalu bgus utk saya..sya msh perlu banyak bljr pak.ok, saya link balik!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s